Bagaimana meningkatkan kualitas transaksi kita?

    Di pasar modal, kebanyakan para investor dan trader sangat bersemangat sekali untuk segera meningkatkan keuntungan profit dari portofolionya dengan cara instant.

    Mungkin dalam suatu momentum yang bersifat jangka pendek hasilnya terlihat beberapa kali, mereka menjadi sangat-sangat bersemangat namun sayangnya tak berlangsung lama. Beberapa saat berselang semangatnya pelan-pelan memudar dan ibarat bermain ular tangga, seringkali semangatnya melorot kembali kepada keadaan semula.
    Berdasarkan penelitian dan fakta-fakta yang ada, keinginan untuk sukses di dunia pasar modal untuk berhasil menjadi kaya secara cepat sangat mempengaruhi cara berpikir para pemula di dunia ini, dan hal tersebut menciptakan grafik bahwa 80% pemula di pasar modal akan merugi dan menghilang. Yang tersisa untuk bertahan hanya sekitar 20%.

    Jadi bagaimana ?

    Ternyata fakta juga berbicara bahwa cara terbaik meningkatkan kualitas adalah dengan menciptakan suatu kondisi eksekusi transaksi menjadi stabil dan konsisten terlebih dahulu.

    Setelah mempelajari berbagai ilmu analisa teknikal ataupun fundamental, mengikuti berbagai kursus, dan membaca ratusan buku mengenai pasar modal, kenapa kita tetap mengalami kerugian ??

    Loss ataupun kerugian merupakan bagian dari pasar modal, tidak ada orang sukses yang tidak pernah mengalami kerugian di Pasar Modal, perbedaannya adalah investor atau trader yang sukses belajar dari pengalaman dan berusaha mengontrol kerugian dan memutar momentumnya menjadi profit.

    Misalnya ingin mengurangi kerugian atau loss, maka hal pertama yang dilakukan adalah membuat agar jumlah loss dari waktu ke waktu menjadi stabil terlebih dahulu.

    Misalnya, loss yang terjadi terkadang 5 %, esokan harinya mendapatkan profit 8%, lalu di lain waktu kemudian terjadi loss lagi 3 %, kemudian 12 %, dst. Ini merupakan contoh suatu kondisi yang tidak konsisten.

    Untuk itu diperlukan suatu evaluasi dengan mencatat trading journal, dengan begitu kita dapat melihat secara objektif kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dan dicari terlebih dahulu suatu kondisi kestabilan.

    Misalnya jika kita mampu untuk mengeksekusi suatu kerugian yang terjadi secara stabil loss 5%, Meskipun angka lossnya cukup besar, namun jika mampu konsisten di nilai tersebut dalam bingkai waktu tertentu, berarti proses pembentukan system trading mulai stabil. Karena dengan memperhatikan batas toleransi kerugian / loss adalah faktor utama dalam manajemen resiko dalam transaksi pasar modal.

    Begitu juga sebaliknya, misalnya jika kita mampu untuk mengeksekusi suatu keuntungan / profit yang terjadi secara stabil profit 5%, Meskipun angka profitnya kurang cukup besar, namun jika mampu konsisten di nilai tersebut dalam bingkai waktu tertentu, berarti proses pembentukan system trading juga mulai stabil. Karena dengan memperhatikan disiplin eksekusi target yang dinilai cukup dalam suatu transaksi juga merupakan salah satu hal terpenting dalam transaksi pasar modal.

    Bila proses pembentukan system trading sudah stabil dalam arti dapat berlangsung tetap, konsisten, dan terkontrol dalam kurun waktu tertentu sehingga menjadi suatu kebiasaan, barulah dilakukan peningkatan kualitas misalnya loss yang mulai secara bertahap dikurangi hingga 2%.

    Kita dapat melihat dengan jelas bahwa strategi peningkatan kualitas suatu transaksi dimulai dari melakukan pembentukan stabilisasi, yang berarti adalah suatu kedisiplinan yang membuat suatu transaksi menjadi sangat terkontrol.

    Konsisten dan stabilkan dulu, baru tingkatkan.

    Seorang teman pernah mengatakan kepada saya, bahwa suatu akan menjadi kebiasaan setelah dikerjakan minimal 21 hari lamanya. Kemudian kebiasaan yang dilakukan terus menerus selama minimal 3 bulan pelan-pelan akan menjadi kebudayaan, sehingga, prinsip konsistensi dan kestabilkan kondisi adalah melakukan PENGULANGAN hingga paling tidak 1-3 bulan secara berturut-turut.

    Tidak ada yang mengatakan bahwa hal diatas sangat gampang, mengalahkan diri sendiri adalah suatu hal yang sangat berat, karena setiap hal pada dasarnya sudah terbentuk, akan sangat sulit untuk diubah.

    Namun jika kita mampu mengalahkan diri sendiri dengan tujuan mencapai kondisi konsisten dan stabil, setelah berjalan sekian waktu akan lebih mudah bertahan, karena kita secara sadar maupun tak sadar mulai berada dalam kebiasaan yang baru.

    Bagaimana dengan pemilihan jenis sahamnya ? Sama saja. Kalau saat ini porttofolio kita terasa tidak beraturan, mungkin karena ada pola eksekusi yang tidak teratur. Trading plan yang selalu berubah-ubah secara mendadak karena hasrat entry dan exit yang tak berdasar karena melihat running trade yang begitu aktif.

    Mendengar analisa Mr. A bahwa saham ABCD akan dikerek, langsung beli. Ada "bocoran" dari insider, langsung borong, membaca milis yang memprovokasi saham tertentu langsung diembat, dsb. Hal tersebut akan merusak kualitas transaksi Anda.

    Kestabilan merupakan suatu kegiatan yang harus Anda terapkan, kerjakanlah pekerjaan rumah Anda dengan membuat pola trading plan yang teratur melalui alokasi asset, dana dan resiko yang jelas. Jika sudah dilakukan dan masih loss juga ?? Coba evaluasi apakah lossnya terkontrol secara konsisten ?? Jika iya maka Anda sudah memasuki atmosfir konsistensi dan kestabilan, terapkan pada kondisi profitnya dan tingkatkan kualitas profitnya secara pelan-pelan.

    Lihat hasilnya beberapa bulan kemudian, akan nyata bahwa risiko yang Anda kontrol dan dikurangi secara bertahap akan mengecil sementara target profit yang Anda tetapkan akan melebihi jumlah resiko yang terjadi, hal ini menunjukkan suatu money management yang dikelola menjadi semakin baik.

    YANG PENTING KONSISTEN     Be Consistent !!!

Ingin tahu lebih dalam tentang Forex, silahkan bergabung di Forum MT5 Forum Komunitas Trader dengan Bonus $0.15 perpost. klik disini

1 Komentar untuk "Bagaimana meningkatkan kualitas transaksi kita?"

Opplev midtpunktene av utstillingen, aktiviteter for de to platene. Utstillingen blanding av topp design og high-tech, all-round viser NBA superstjernen LeBron James, basketball visdom og ferdigheter, nye sesongen starter I tillegg finner vi LeBron kampanje,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top