Pencetakan Uang Kembali Suatu Negara (QE)

by pendulangforex

Pencetakan Uang Kembali
Dalam dunia modern seperti sekarang ini konsep uang tidak hanya berbentuk berupa kartal, giral atau dalam bentuk sertifikat deposito bank. Nilai uang pada akselerasi pertumbuhan ekonomi normal akan selalu bertambah dari pertumbuhan yang diukur. Jika sirkulasi uang di pasar bertambah, artinya inflasi juga naik. Apabila berkaca pada kejadian tahun 2008, ketika krisis likuiditas melanda bank, uang yang beredar (sirkulasi) saat itu sangat sedikit sekali. Di sinilah QE berperan penting untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi.


Sebuah keputusan bank sentral untuk menyuntikkan dananya secara tidak langsung, dapat diaplikasikan melalui pencetakan uang fisik baru. Melainkan dengan pembelian aset dari sektor swasta. Maksud dari tujuan tersebut agar penjual aset dapat memiliki cukup banyak dana di bank dan selanjutnya digunakan dalam aktifitas perekonomian.

Efek dari injeksi uang akan menjalar ke pasar, mulai dari aksi lembaga/institusi yang sudah mendapat sokongan dana segar. Akselerasi pengeluaran dan belanja mereka akan meningkat sehingga bursa saham turut bergerak pada uptrend.

Pada pembahasan artikel diatas, Kita telah mengetahui dan bahkan memahami bahwa ‘Quantitative Easing’ merupakan ‘new tools’ bagi pemerintah guna mengendalikan tingkat inflasi. Yang patut diingat, adalah langkah tersebut hanya salah satu instrumen untuk menjaga stabilitas ekonomi. Sedangkan pemberlakuannya hanya bisa tepat sasaran apabila penyesuaian suku bunga tidak mampu membendung tekanan ekonomi pada sebuah negara.
2 Komentar untuk "Pencetakan Uang Kembali Suatu Negara (QE)"

saya ndak mudeng....
heehee...
tp ijin nyimak....


salam kenal...
ijin follow...
saya tunggu follow baliknya...
:)

boinn: arizin, ard íonachta EVA roisín bun rubair foam, duillín resistant.

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top