Peluang Beli di Emas, Volatilitas tinggi di Euro

Harga emas sangat dipengaruhi oleh pergerakan valuta utama. Diakui sebagai pengganti ideal mata uang, emas menjadi pilihan safe haven bagi pemerintah banyak negara. Kenaikan volume pembelian pun terjadi sepanjang 2011, baik oleh bank sentral China, India maupun anggota euro zone. Lonjakan beli spekulatif di atas trend line atas disebabkan oleh ketidakpastian ekonomi dan pembelian ritel melalui ETF komoditi (baik via transaksi berbasis kontrak berjangka maupun fisik).


Grafik mingguan emas memperlihatkan dua fitur utama. Fitur pertama adalah trend line paralel, dimana emas secara umum diperdagangkan dalam rentang grafik dan merangkak naik secara solid. Harga kemungkinan bergerak perlahan menuju $2000 pada semester pertama 2012.

Gambaran kedua adalah kekuatan harga di bawah tren, yang ditunjukkan oleh pemisahan rangkaian indikator jangka panjang Guppy Multiple Moving Averages secara kuat dan konsisten. Fitur ini menunjukkan support investor yang kokoh dan bisa diandalkan. Tensi pergerakan euro dan pelemahan dollar adalah faktor penggerak utama. Ditambah dengan kabar kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, sehingga penurunan harga emas saat ini membuka peluang beli.

Peluang jangka pendek tampak eksis mengingat setiap elemen fundamental dari krisis berdampak bullish terhadap emas. Terbuka peluang kenaikan secara tajam maupun breakout berkesinambungan di atas trend line atas sehingga membuka peluang untuk meraih keuntungan. Investor yang cerdas dan waspada akan terus mengoleksi emas saat harga rebound dari trend line bawahnya


by:Darly Guppy - monexnews
0 Komentar untuk "Peluang Beli di Emas, Volatilitas tinggi di Euro"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top