Deafult & Exit Yunani : Baik untuk Euro dan Buruk Untuk Corporate

strategdesk.co.id -Baru beberapa bulan lalu prospek Yunani dianggap default dan akan merusak dan meluluh lantakkan asar global

Tapi waktu sepertinya sudah berubah, kini itu bisa menjadi peluang, paling tidak menurut pengamat dari sebuah bank ternama di Eropa.  Dalam catatan bertajuk “Bagaimana pasar keuangan bereaksi bila Yunani default,” strategist Societe Generale Patrick Legland mengatakan prospek keruntuhan sistem keuangan ketika terjadi default Yunani terlihat mulai berkurang.

“Kalau Yunani default, indeks saham dan mata uang akan tetap bergejolak tapi kemungkinan tidak akan memicu reaksi panik, dengan asumsi tidak ada negara lain yang bernasib sama,” sebutnya. Bahkan, menurut Legland, euro bisa saja menguat, tapi ini dapat memberikan kerugian bagi korporat di kawasan.

Nilai tukar euro-dollar AS mulai jatuh sejak musim panas tahun lalu, setelah krisis utang Yunani kembali menjadi sorotan. Namun kondisi itu berubah setelah ECB mengelar operasi likuiditas  (Long Term Refinancing Operation/LTRO) pertamanya Desember lalu.

Catatan itu menyebutkan konsep federalisme semakin populer, dengan meningkatnya konsensus bahwa mata uang tunggal itu perlu dilindungi. Hal ini, ditambah dengan diskusi memperkuat jaringan pengaman Uni Eropa, bisa membuat euro terapresiasi, namun menggerus daya saing ekspor. “Langkah itu dapat mendorong euro, tapi dengan konsekuensi kinerja korporat, dan mungkin ekonomi Eropa,” menurut catatan tersebut.

Meski ada risiko kinerja korporat, bank Eropa yang terbebas dari masalah Yunani bisa memberikan peluang keuntungan, menurut Legland. ECB, melalui LTRO sebanyak dua kali, telah menunjukkan kemampuan dan kesiapan menyelamatkan sektor perbankan Eropa. Alhasil, hanya skenario terburuklah, kalau Portugal dan Irlandia menyusul Yunani default sampai menghancurkan sistem perbankan Eropa. 
1 Komentar untuk "Deafult & Exit Yunani : Baik untuk Euro dan Buruk Untuk Corporate"

the business philosophy of "peace of mind entrepreneurship, down-to-earth" Bingcheng from striving for the passion of the Chinese nation industrial brand,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top