14.560 CPNS di Tes September

Pemerintah akan melaksanakan tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk tenaga mendesak seperti guru, tenaga kesehatan dan penyuluh.
Deputi Sumber Daya Manusia dan Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Ramli Effendi Naibaho mengatakan, jumlah keseluruhan CPNS yang akan dites September nanti ialah 14.560 orang.

CPNS yang akan diangkat terbagi tiga yaitu tenaga pendidikan sebesar 40 persen. Tenaga pendidik ini termasuk yang paling besar karena kebutuhan mereka di wilayah terpencil, terluar dan perbatasan masih tinggi. Lalu tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan sanitarian 25 persen dan penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan 10 persen serta ikatan dinas mencapai
4.126 orang.

Ramli menjelaskan, jumlah itu terbagi atas kebutuhan CPNS di pemerintah pusat pada 23 instansi sebanyak 11.879 orang dan untuk 25 pemerintah daerah sebanyak 2.681 orang. Dibukanya tes masuk hanya untuk ketiga posisi tersebut meskipun moratorium belum dicabut, menurut Ramli, untuk mendukung pola pemerintahan yang pro job, pro poor, dan pro growth.

"Hanya 48 instansi ini yang mengirimkan analisis jabatan dan beban kerja. Namun kita lihat lagi belanja pegawai mereka yang harus di bawah 50 persen," katanya di Gedung Kemenpan dan RB, Jakarta.

Dia menyatakan, tes yang akan diujikan kepada CPNS ini terbagi tiga yakni wawasan kebangsaan, intelegensia umum dan karakteristik kepribadian. Keseluruhan soal dibuat oleh konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti UI, UGM dan ITB.

Namun bagi CPNS yang ingin melihat kisi-kisi soal dapat membaca Peraturan Menpan dan RB No
197 Tahun 2012 karena pihaknya sudah meminta konsorsium membuat soal merujuk ke peraturan tersebut.

Pemerintah juga sudah meminta 110 ahli dari 10 PTN untuk membuat soal dimana untuk soal wawasan kebangsaan diambil dari fakultas keguruan, intelegensia umum dari fakultas teknik dan karakteristik kepribadian diambil dari fakultas psikologi.

Sekretaris Kemenpan dan RB Tasdik Kinanto menambahkan, kementerian sudah mengedarkan surat kepada masing-masing instansi agar berhati-hati dengan modus penipuan penerimaan CPNS yang berpotensi dilakukan sejumlah oknum yang mengatasnamakan Kemenpan dan RB.

"Potensi ini selalu terjadi setiap tahun. Mereka meminta sejumlah uang kepada CPNS jika mau langsung diangkat jadi pegawai negeri oleh kami," katanya
2 Komentar untuk "14.560 CPNS di Tes September"

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

Color is to fight absolutely fine turner the thick crust straps pointed shoes, Oxford shoes, the shoes are very popular this year, it pointed full rivet lace-up platform shoes, rub color crazy screaming Edition, invincible punk girl doomed to failure to muntjac leather boots,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top