Soal Tes CPNS 2012, Kemen PAN-RB Serahkan Master Soal


Pelaksanaan test CPNS yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2012 makin dekat,  Pada hari Senin, 27 Agustus 2012 Panitia Nasional menyerahkan master soal kepada panitia local ( instansipusat/pemda). Master Soal CPNS tersebut merupakan produk dari konsosrsium perguruan tinggi negeri yang di rekomendasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebanyak 41 instansi tersebut terdiri dari  21 pemda dan 20 kementerian/ lembaga (K/L). Sebenarnya, tahun ini sebanyak 22 K/L melakukan rekruitmen CPNS, namun dua instansi di antaranya, yakni Kementerian Dalam negeri dan Badan Intelejen Negara (BIN)  tidak menerima CPNS dari pelamar umum, tetapi hanya dari pendidikan kedinasan. Instansi lain yang juga menerima CPNS dari pendidikan kedinasan antara lain Kementerian Keuangan, Setjen BPK, BPS, BPKP, serta BMKG. Namun kelima instansi itu juga merekrut CPNS dari jalur pelamar umum.

CPNS dari pendidikan kedinasan tahun 2012 ini tercatat sebanyak 4.219 orang, yang tersebar di 7 instansi, yakni Kemendagri 1.494 orang, Kementerian Keuangan 1.607 orang, Setjen BPK 80 orang, BPS 273 orang, BIN 59 orang, BPKP 510 orang, dan BMKG sebanyak 196 orang.

Sebelumnya, yakni pada tanggal 20 Juli 2012, Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E. Naibaho menyatakan, tahun ini sebanyak 48 instansi pusat dan daerah akan merekrut 14.590 CPNS dari jalur pelamar umum, dan 4.129 dari ikatan kedinasan.

Namun dalam perkembangannya, ternyata satu instansi pusat yakni Kemenko Polhukam menunda pelaksanaan rekruitmen, dan empat pemda yakni Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Kota Surabaya, Kota Sibolga, dan Kabupaten Labuhan Batu Utara juga menundanya.

Dengan demikian, tahun ini rekruitmen hanya dilakukan oleh 22 K/L (dua diantaranya hanya dari ikatan dinas), dan 21 pemda. “Jadi hari ini kita bagikan master soal tes CPNS kepada 41 instansi pusat dan daerah,” ujar Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto, Senin (27/08).

Test CPNS dari jalur pelamar umum ini yag akan dilakukan 41 instansi dimaksud untuk mengisi kebutuhan 11.552 CPNS, yang terdiri dari 8.815 CPNS instansi pusat, dan 2.737 pemda. Tetapi untuk pemda pun juga berkurang jumlahnya, karena terdapat empat pemda urung melakukan rekruitmen tahun ini, sehingga jumlahnya berkurang 393 orang. Dengan demikian lowongan CPNS untuk pemda tinggal  2.344 orang,  sehingga penerimaan CPNS dari jalur pelamar umum tahun 2012 ini hanya sebanyak 11.159 orang.

Padahal, menurut Tasdik Kinanto, semula  pemerintah telah mengalokasikan tambahan formasi CPNS tahun 2012 ini untuk sekitar 130 ribu CPNS.  Hal itu tak lepas dari kebijakan moratorium CPNS yang mewajibkan setiap instansi yang mangajukan permhonan CPNS untuk memenuhi berbagai persyaratan. Antara lain, harus melakukan analisa jabatan, analisa beban kerja. Kalaupun sudah membuat analisa jabatan, Kementerian PAN dan RB masih akan melakukan verifikasi, lois tidaknya analisis tersebut. Sayarat lain, anggaran belanja pegawai untuk pemda tidak boleh lebih dari 50 persen APBD.  “Syarat-syarat tersebut masih akan tetap diberlakukan untuk tahun-tahun mendatang, meskipun moratorim sudah selesai,” tambah Tasdik

1 Komentar untuk "Soal Tes CPNS 2012, Kemen PAN-RB Serahkan Master Soal"

Polka dot shirt with pink pleated skirt, bright and eye-catching red jacket and gold accessories bring personality and passion for the entire shape.

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top