Hutang Jepang Dua Kali Dari PDB Tahunan


Hutang Jepang sudah menggunung, yang jumlahnya lebih dua kali seluruh PDB tahunan negara itu. Berbeda dengan di Yunani, Jepang meminjam sebagian besar uangnya justru dari rakyatnya sendiri - lebih 90% obligasi pemerintah berada di tangan warga negara itu.

Likuiditas Jepang yang melimpah mengancam tercurah keluar hingga ke Eropa. Untuk menghindarkan prospek anjloknyan yield, investor Jepang bisa beramai-ramai menanamkan modalnya di dalam obligasi asing. Guna mengantisipasi trend baru ini, bunga pinjaman di negara-negara Eropa seperti Spanyol mulai turun.

Hingga kini, strategi Abenomics hanya jadi omongan. Tapi omongan itu bisa menimbulkan dampak. Omongan-omoangan itu nampaknya bisa menghilangkan kesuraman keuangan yang menyeret jatuh Jepang, yang pernah menjadi negara ekonomi terkemuka Asia, sejak meledaknya gelembung real estate dan harga saham akhir 1980-an dan awal 1990-an, yang menandai akhir penggelembungan harga aset Jepang yang terkenal itu.

Yen yang undervalued tak bisa menghentikan tren melemahnya. Beberapa pabrik elektronik terkemuka Jepang dan Korea Selatan di Jepang berencana untuk mengurangi 50% angkatan kerjanya.

Abenomics muncul terlambat sekurang-kurangnya sepuluh tahun, paling tidak demikian menurut Takeshi Fujimaki, yang memprediksikan dalam bukunya yang baru bahwa negara Jepang akan segera bangkrut. Bukunya itu berjudul Hitomari mo nai Nihon, atau Jepang yang Tak Berdaya.

Abenomics, kata Fujimaki, dapat mempercepat kejatuhan Jepang. Dengan tenang dia memperkirakan bahwa Tokio akan terpaksa menjual obligasi pemerintah senilai 44 triliun yen setiap tahun untuk membiayai anggarannya. Tapi dia menegaskan bahwa jika bank sentral memicu terjadinya inflasi, maka suku bunga obligasi asing juga akan naik - seiring dengan semakin menggunungnya hutang Jepang.

Agar terhindar dari default (gagal dalam pembayaran hutang), BoJ akhirnya terpaksa mencetak lebih banyak uang.
Tag : instaforex, News
0 Komentar untuk "Hutang Jepang Dua Kali Dari PDB Tahunan"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top