Data kuat AS angkat dolar terhadap euro

Kurs dolar menguat terhadap euro pada Selasa (Rabu pagi WIB), menyusul data yang lebih baik pada sektor jasa Amerika Serikat dan proyeksi lebih lemah untuk pertumbuhan zona euro.

Pada pukul 21.00 GMT (Rabu pukul 04.00 WIB), euro diperdagangkan di 1,3474 dolar, turun dari 1,3516 dolar pada Senin, lapor AFP.

Dolar merosot menjadi 98,53 yen dari 98,59 yen.

Euro juga turun terhadap mata uang Jepang, jatuh menjadi 132,76 yen dari 133,25 yen.

Analis menunjuk sebuah angka yang lebih baik dari perkiraan pada sektor jasa AS dari Institute for Supply Management (ISM), yang mengatakan indeks pembelian manajernya untuk sektor non-manufaktur naik menjadi 55,4 persen pada Oktober, satu poin penuh lebih tinggi dari angka September 54,4 persen.

Analis menyoroti lonjakan dalam angka lapangan pekerjaan untuk sektor jasa, yang menyumbang sekitar 80 persen dari pekerjaan sektor swasta. Sub-indeks pekerjaan naik menjadi 56,2 persen dari 52,7 persen pada September.

Data yang lebih baik mengenai kesempatan kerja "membuat kita percaya bahwa data penggajian (payroll) non-pertanian bisa mengejutkan ke sisi atas pada Jumat (8/11), ketika laporan pekerjaan bulanan AS yang banyak dipantau dirilis, kata Kathy Lien direktur pelaksana di BK Asset Management.

Data ekonomi yang lebih baik meningkatkan kemungkinan Federal Reserve AS akan mengurangi program stimulusnya lebih cepat dari yang diperkirakan, kata para analis.

"Dengan membaiknya data ekonomi AS, imbal hasil obligasi pemerintah AS meningkat setelah data itu, menunjukkan bahwa para pedagang yakin penghitungan telah ditambahkan ke kolom pengurangan stimulus pada Desember," kata Christopher Vecchio, analis mata uang di DailyFX.

Sementara itu, prospek untuk euro meredup setelah Uni Eropa memangkas perkiraan 2014 untuk pertumbuhan 17-negara zona euro menjadi hanya 1,1 persen, turun dari 1,2 persen yang diperkirakan pada Mei.

Di antara mata uang lainnya, pound Inggris naik menjadi 1,6042 dolar dari 1,5967 dolar pada Senin (4/11).

Dolar naik terhadap franc Swiss, diperdagangkan 0,9135 franc bandingkan dengan 0,9095 franc
0 Komentar untuk "Data kuat AS angkat dolar terhadap euro"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top