Protect Your Profit

by Ariston Tjendra
Apa yang paling Anda harapkan dari aktifitas trading di pasar keuangan? Profit ! Tentunya itulah kata pertama yang muncul dalam benak anda.

Dalam dunia trading, kombinasi antara profit dan kerugian merupakan konsekuensi yang lazim. Namun bukan berarti Anda membiarkan mekanisme pasar menentukan return Anda. Tentunya Anda ingin memaksimalkan trading sehingga rekening investasi tetap menghasilkan keuntungan optimal.


Demi mencapai tujuan tersebut, beberapa langkah yang harus dipersiapkan yakni:
menentukan sistem trading yang handal (posisi masuk, target profit, stop loss dan sebagainya)
menentukan manajemen resiko, dan
menyiapkan psikologi trading.
Pada kali ini, pembahasan terpusat pada seluk beluk manajemen resiko agar Anda bisa meraih hasil maksimal. Walaupun traders telah menerapkan sistem trading yang handal, ada kalanya mereka tidak kunjung berhasil mendapat return yang memuaskan. Profit di depan mata bisa hilang seketika, hanya karena harga yang tercapai kurang 1 poin saja dari target labayang ditetapkan.

Lalu, bagaimana cara Anda menyiasatinya? Terdapat beberapa trader yang menggunakan cara spesifik, yaitu menggunakan 3 lot untuk membuka posisi. Masing-masing lot memiliki target profit dan stop loss yang dibedakan untuk memaksimalkan hasil trading.

Contoh:
Trader A, dengan sistem trading breakouts, membuka posisi buy GBPUSD di level 1.5300 pada tanggal 15 Juli 2010. Trader tersebut langsung membuka 3 posisi pada level yang sama di saat yang hampir bersamaan. Lot 1 menggunakan target profit (TP) 30 poin dan stop loss (SL) 60 poin. Lot 2 menggunakan TP 60 poin dan SL 60 poin. Lot 3 hanya diberikan SL 60 poin.

Pada titik ini, saat harga sudah mencapai +30, lot 1 ditutup dengan profit 30 poin. Kini yang tersisa adalah lot 2 dan 3. Letak stop loss juga belum diubah. Kemudian pada saat harga mencapai +60 dari posisi buka, lot 2 ditutup dengan profit +60. Lalu letak stop loss ditarik dari -60 poin menjadi 0 poin atau sama dengan posisi buka. Dengan demikian untuk lot 3 tidak ada lagi kekhawatiran akan terjadinya kerugian, karena Anda telah memindahkan stop loss ke posisi break even dan Anda dapat membiarkan lot 3 ini bergerak bebas untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya, sesuai dengan harapan.

Meskipun demikian, cara seperti ini juga memiliki kelemahan, yaitu bila ketiga lot yang Anda buka terpaksa harus mengenai level stop loss yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam hal ini, Anda harus mempertimbangkan besaran persentase dari margin, resiko maksimal per satu kali trading? Secara teoritis,rasio idealnya sekitar 1 3% dari margin yang Anda miliki dalam rekening trading.

Tentunya, manajemen resiko di atas tidak selalu relevan untuk diterapkan pada semua sistem trading. Anda harus menganalisa sistem trading dijalankan sebelum mencari manajemen resiko yang cocok. Semoga kiat ini berguna untuk mengasah kemampuan trading Anda.
5 Komentar untuk "Protect Your Profit"

bagus nih belajar belajar buat investasi

iya nih bagus banget blognya buat belajar investasi

setuju banget sama agan UTM, blognya menarik buat kita belajar

Menggunakan SL dan TP Menjadi salah satu cara untuk melindungi akun trading. Saya juga menggunakan SL dan TP ini untuk trading di broker OctaFx. Memang untuk memasanag SL dan TP juga nggak bisa asal sih, semua butuh proses dan juga perhatikan pergerakan pasar pada saat itu

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top