Prospek Euro/USD di Tahun 2012 ( Sekedar Analisa )

Uni Eropa masih terlilit krisis dengan Utang yang ditangguang Oleh sebagian Anggotanya. Sejak 2009 sampai sekarang,  krisis ini  belum kunjung usai dan belum menemui titik  terang untuk bisa segera selesai. Setiap kebijakan dan upaya yang di keluarkan  bukannya penyelesaan yang didapat justru malah menambah situasi semakin kacau.. Berbagai upaya yang dilakukan Mulai dari :  Dana penyelamat,  pergantian kepemimpinan Di Yunani, Italia, Pemilu  Spanyol, pergantian  Gubernur ECB,  KTT Eropa  dan  Lelang dan Pembelian Obligasi , Ini semua adalah usaha yang  diharapkan bisa menjadi jalan  penyelesaian, Namun apalah daya situasi Ekonomi Eropa malah semakin buruk dan runyam.


Duta Besar Uni Eropa Julian Wilson Untuk Indonesia  mengatakan, Situasi perekonomian di Eropa tidak seburuk yang selama ini diberitakan. Krisis hanya terjadi di Yunani dan saat ini kondisinya sudah terkendali, meski demikian hal ini tidak bisa diremehkan. Julian Wilson mengatakan, ‘ Yunani tidak begitu sulit, berita utama terlihat sangat dramatis dan beberapa hari terakhir.  Memang hal ini merupakan kejutan atas situasi Yunani, tapi jangan dilihat satu persatu melainkan perlu dilihat  secara keseluruhan yang sangat komprehensif karena kita sudah menempatkan semua jalur yang benar untuk memecahkan isu-isu yang kita miliki,"
Menurut Julian,  krisis ekonomi masih terjadi di kawasan Yunani. Walau demikian pertumbuhan ekonomi Yunani telah  memberikan kontribusi sebesar 2% dari keseluruhan pertumbuhan ekonomi di seluruh negara Uni Eropa. Meskipun demikian, Julian menegaskan pihaknya tidak akan meremehkan kondisi tersebut. Hanya saja saat ini permasalahan Yunani masih berada dalam situasi  kendali.

Hanya Saja Professor Ekonomi, Nouriel Roubini mengkhawatirkan  bahwa restrukturisasi hutang dan serangkaian default zona Eropa akan diikuti dengan keluarnya beberapa negara anggota dari Eurozone. Jika skenario ini benar-benar terbukti, maka keruntuhan Eurozone tinggal menunggu waktu. Pada poin ini, penularan krisis dari Yunani  ke Irlandia, kemudian ke Portugal dan Cyprus berlanjut terus ke negara lain. Penyebaran ke  Italia  dan Spanyol  ditandai oleh guncangan pada nilai obligasi dan kinerja sektor perbankan masing-masing negara. Lebih jauh, krisis sepertinya sudah mulai menyebar ke sektor perbankan Prancis dan Belgia. Seandainya, skenario itu benar-benar terjadi maka Prancis dapat saja kehilangan status AAA.

Dampak Dari ini semua yang terjadi adalah kekacauan pasar. Melemahnya mata Zona Eropa dan Mata Uang yang  serumpun dengannya, Dan   menguatnya sebagain mata uang  yang menjadi pasangan lainnya.

Steen Jakobsen, kepala ekonom di  Saxo Bank melihat 4 keuntungan besar untuk dolar AS di masa mendatang. Bersama dengan krisis utang yang berkecamuk di Eropa, ia memprediksi bahwa EUR / USD akan mengambil hit besar dan akhirnya akan slide dari kisaran saat ini ke level  yang jauh lebih rendah: 1,10 - 1,15 pada akhir 2012.



Euro yang diluncurkan pada tahun 1999 dengan nilai harga awal 1,17 $,   akan menjadi pukulan besar bagi Zona Eropa. Jakobsen memiliki perkiraan kenaikan 25%  versus  dolar selama 2012, dan  akan adanya terjun bebas pada ekonomi zona euro.



Dibawah ini Sedikit Kutipan dari analisis Steen Jakobsen :



 Bullishness saya adalah relatif, tapi kontributor terbesar untuk kekayaan jangka panjang cenderung menjadi pilihan mata uang Anda. Saya memiliki target 100 di DXY untuk tahun depan, sehingga kenaikan 25% dalam dolar AS selama tahun 2012 - dan dalam hal pergerakan EURUSD  diharapkan berubah   berkisar dari 1.30/1.40 1.20/1.30.  sekarang untuk bergumul  di ECB, yang lain 5 -6 angka suku bunga, dan kemudian HIA II, kami berakhir di sekitar 1,10-1,15 untuk akhir 2012.



Saya juga berbagi sentimen bearish pada EUR / USD. Saya tidak berpikir bahwa euro akan putus, melainkan melihat dua perbedaan utama yaitu :



Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi . Jakobsen membahas titik ini. pertumbuhan ekonomi AS mengalami perlambatan. Namun  Krisis Ekonomi  euro-zona Jauh  lebih besar dan sulit..

Perbedaan QE.  Dolar AS melemah pada  program pelonggaran kuantitatif, sementara ECB dihindari di semua biaya ( Program )

Demikian Kutipan dari analisa Steen Jakobsen

Namun  menurut kami, tentunya ada banyak faktor lain yang mempengaruhi Pergerakan EUR/USD ditahun 2012 mendatang.  Dan Hal ini masih agak terlalu dini  untuk diuraikan. Analisa diatas bisa benar atau justru sebaliknya. Masa depan  adalah Masalah Ghoib . Tidak ada yang tahu kecuali yang Maha Tahu.

Hanya saja ada sebuah pertanyaan yang ingin kami sampaikan  “  apa yang Anda  pikikan  terhadap EUR / USD di  tahun 2012 , jika saja  analisa di atas sesuai dengan perkiraan  Khusus bagi anda yang sampai ini masih”  Big Floating Minus di EUR/USD ! “ ..

Ditulis Oleh :
Kampus Trader, Ikut mendidik Warga bangsa Untuk Menghasilkan Devisa. for seputarforex.com
1 Komentar untuk "Prospek Euro/USD di Tahun 2012 ( Sekedar Analisa )"

set foot on the green grass is full of rich pastoral style.Sweet lovely fish head sandals, flat design regardless of shopping or appointments are very good!Candy color + double bow,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top