Win Win Soution = Yunani Bertahan

Isu Yunani keluar dai zona euro memang makinmencuat. Pelaku pasar menarik diri dari pasar keuangan karena sudah takut dengan dampak yang ditimbulkan dari keluarnya Yunani. Namun demikian, banyak pihak yang
justru menganggap kekhawatiran pasar berlebihan, Credit Suisse misalnya. Lembaga keuangan ini melihat peluang Yunani untuk bertahan di zona euro masih lebih besar ketimbang berbalik memakai mata uang drachma dalam beberapa tahun ke depan. Sementara konsensus pasar yang dirilis berbagai media sejauh ini menilai peluang Yunani untuk keluar adalah 50:50.

"Kami melihat kedua pihak (Yunani dan Uni Eropa) lebih untung bila tidak ada yang keluar dari euro-zone," ulas Credit Suisse. Apalagi sebagian besar warga masih berharap negaranya tetap bertahan dengan mata uang tunggal, walaupun di lain sisi mereka sangat membenci program pemangkasan.

Pendapat serupa dilontarkan oleh Kepala Strategi Investasi AMP, Shane Oliver. "Biayanya lebih murah bagi euro-zone jika Yunani tetap bergabung," ulas Oliver. Ia memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk mempertahankan Yunani antara 60 miliar euro sampai 100 miliar, sebagai kompensasi atas penghapusan nilai obligasi Yunani yang rusak. Sementara bila negara itu dibiarkan angkat kaki dari euro, maka potensi biaya yang diperlukan mencapai 300 miliar atau bahkan lebih. Jadi semua pihak, baik pemerintah Eropa, warga Yunani maupun pelaku pasar, akan lebih senang bila tidak ada yang keluar dari euro-zone.

by:(dim)-monexnews
1 Komentar untuk "Win Win Soution = Yunani Bertahan"

Martin boots fashion tide products. Is no longer a monotonous black, the playful leopard increased sense of fashion boots. Thick of Martin boots, with Slim pencil pants ride,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top