Bank Sentral Eropa Miliki Waktu , Untuk Manuver Suku Bunga



Ketua Dana Moneter Internasional Christine Lagarde, Kamis, mengatakan bahwa Bank Sentral Eropa memiliki peluang untuk menurunkan suku bunga di zona euro yang terperosok ke resesi.

'Dari semua bank sentral utama di dunia, jelas ECB adalah salah satu yang masih memiliki ruang untuk bermanuver,' kata Largarde pada konferensi pers pembukaan pertemuan musim semi IMF-Bank Dunia.

Lagarde mengatakan "secara kritis lebih penting" untuk memastikan bahwa tindakan bank sentral diterjemahkan ke dalam bank-bank yang lebih kuat dan meningkatkan pinjaman di zona euro.

Ditanya tentang kredit ketat bagi perusahaan-perusahaan, terutama di negara-negara pinggiran di mana bank-banknya rapuh, Lagarde mengatakan idealnya harus ada "sebuah proses `top-down` dan `bottom-up`."

Transmisi yang tepat dari penurunan suku bunga ECB dapat diterjemahkan ke dalam suku bunga yang lebih rendah juga untuk usaha kecil dan menengah, katanya.

Pernyataan Lagarde muncul sehari setelah bank sentral Jerman menyatakan ECB bisa menurunkan suku bunga rekor terendah saat ini jika diperlukan, tetapi hal itu mungkin tidak benar-benar terbukti sangat efektif.

'Kami mungkin menyesuaikan diri terhadap setiap informasi baru,' Gubernur Bundesbank (Bank Sentral Jerman) dan Anggota Dewan ECB Jens Weidmann, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal yang diterbitkan Rabu.

Pernyataan Weidmann itu memicu spekulasi pasar bahwa ECB mengindikasikan penurunan suku bunga baru mungkin mendatang di tengah kesengsaraan resesi zona euro.

ECB telah mempertahankan suku bunga utamanya pada posisi terendah bersejarah 0,75 persen sejak Juli tahun lalu.

Parlemen Eropa, dalam resolusi yang diadopsi Rabu, meminta ECB untuk berbuat lebih banyak guna memastikan kebijakan moneter lebih efektif dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja 17 negara anggotanya.

Pejabat ECB telah secara konsisten berargumen bahwa pelonggaran moneter tambahan mungkin tidak benar-benar memiliki dampak yang signifikan karena kurs yang rendah saat ini tidak mengumpan sampai ke perekonomian mereka yang paling membutuhkannya. Demikian seperti dilansir antaranews, Jum'at (19/4/2013).
Tag : instaforex, News
0 Komentar untuk "Bank Sentral Eropa Miliki Waktu , Untuk Manuver Suku Bunga"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top