Di G20, AS Tekan Kebijakan Kompetisi Mata Uang


Amerika Serikat akan menekan anggota kekuatan ekonomi Kelompok 20 (G20) lainnya untuk menghindari 'kebijakan mata uang bersaing' selama pertemuan G20 minggu ini, Menteri Keuangan AS Jacob Lew mengatakan Rabu.

'Kami akan terus menekan negara-negara G20 untuk menghindari spiral kebijakan ‘beggar thy neighbor’,' kata Lew dalam sebuah pidato di sebuah universitas di Washington, menurut teks yang sudah disiapkan.

Kebijakan 'beggar thy neighbor' adalah kebijakan ekonomi yang diterapkan suatu negara untuk memperbaiki masalah ekonominya dengan cara yang cenderung memperburuk masalah ekonomi negara-negara lain.

Salah satu kebijakan 'beggar thy neighbor' yang akhir-akhir ini cenderung dilakukan beberapa negara dalam menghadapi krisis ekonomi adalah 'competitive devaluation' (devaluasi bersaing), yakni tindakan mendevaluasi mata uang yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekspornya.

'Sangat penting bahwa semua negara G20 menindaklanjuti komitmen terbaru mereka untuk tidak menargetkan nilai tukar untuk tujuan kompetitif, ' tambah Lew.

Jumat lalu (12/4) Departemen Keuangan AS, dalam laporan semesteran tentang kebijakan valuta asing kepada Kongres, mengatakan bahwa mata uang yuan China tetap 'undervalued secara signifikan' dan memperingatkan Jepang serta Korea Selatan terhadap penggunaan nilai tukar untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.

Menteri Keuangan baru AS, yang menggantikan Timothy Geithner pada akhir Februari, mengindikasikan pemerintahan Obama sedang memantau erat tindakan para mitranya dalam Kelompok Tujuh (G7) negara terkaya. Demikin seperti dilansi analisadaily, Jum'at (19/4/2013)
Tag : instaforex, News
0 Komentar untuk "Di G20, AS Tekan Kebijakan Kompetisi Mata Uang"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top