Zona Euro Rencanakan Penggunaan Template Cyprus


Sebuah media Jerman Süddeutsche Zeitung beberapa waktu lalu melaporkan bahwa, terdapat rancangan strategi internal Komisi Eropa yang mengindikasikan bahwa EU sedang menyiapkan undang-undang khusus yang akan menekan investor perbankan dan pemegang rekening sebelum bantuan apapun tersedia oleh dana bailout permanan (ESM).

Seperti dilansir monexnews, Kamis (18/4/2013), proposal ini akan menetapkan hirarki untuk pihak yang pertama kali terimbas kerugian ketika melikuidasi perbankan, yakni pemegang saham dan kreditur terlebih dahulu, kemudian deposan yang memiliki dana lebih dari 100,000 Euro dalam rekening mereka.

Dana stabilitas perbankan di setiap negara member zona Euro kini juga akan digunakan, sehingga dana ESM kemudian hanya berpartisipasi dalam bailout sebagai jalan terakhir. Pengesahan undang-undang diperkirakan paling cepat pada bulan Juni nanti.

Laporan ini sekaligus membuktikan naïf nya harapan para pemangku kebijakan bahwa template Cyprus tidak akan diterapkan pada negara member lainnya. Menurut proyeksi Citigroup, dana yang dibutuhkan untuk menyelamatkan Eropa kini mencapai 3 trilyun Euro.

Dua hari sebelumnya Euro mengalami kejatuhan dalam sehari yang paling besar dalam kurun waktu hampir satu tahun setelah pejabat berpengaruh ECB mengatakan ada kemungkinan terjadi pemotongan tingkat suku bunga di zona euro dan para analis mengatakan banyak alasan yang membuatnya berkata dengan serius.

WSJ mengutip pernyataan dari anggota Dewan Gubernur ECB dan Presiden Bundesbank Jens Weidmann pada hari Rabu bahwa ECB bisa menurunkan tingkat suku bunga lebih jauh jika data ekonomi mendukungnya, hal mana menyebabkan euro terpukul jatuh lebih dari 1% ke $1.30.
Tag : instaforex, News
0 Komentar untuk "Zona Euro Rencanakan Penggunaan Template Cyprus"

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top