Fitch Turunkan Peringkat Kredit Yunani dari "B-" menjadi "CCC", Yunani Kalang Kabut

Pemilihan di Yunani gagal dilaksanakan dan palemen harus membubarkan dan mengadakan pemilu baru pada tanggal 17 Juni mendatang.


Pemilu yang telah berlalu justru memperdalam krisis politik negara itu dan membahayakan keanggotaan Yunani dalam mata uang euro. Akibat ketidakstabilan politik ini, Fitch Ratings mendowngrade peringkat kredit Yunani satu level dengan konsen terhadap kekhawatiran bahwa negara itu tidak mampu mengumpulkan dukungan politik yang diperlukan untuk mempertahankan keanggotaan di kawasan euro.

Peringkat kredit Yunani dipangkas menjadi 'CCC' dari 'B-'. Peringkat ini merupakan peringkat terendah untuk negara yang tidak berada dalam keadaan gagal bayar.

Sebagai langkah simbolis untuk kemajuan Yunani, sebanyak 300 legislator yang terpilih pada 6 Mei lalu dilantik untuk satu hari. Tidak hanya itu saja, sebuah pemerintah sementara telah ditunjuk untuk memimpin Yunani sampai pemilihan baru. Sayangnya, hal ini tidak dapat membuat keputusan yang mengikat.

Gejolak politik datang pada saat yang kritis. Yunani pun harus membuat pemotongan lebih pada bulan depan untuk mendapatkan dana baru dari bailout internasional. Harus diakui, bailout itu telah membuat negara itu bertahan sejak Mei 2010.

Yunani sudah sepakat untuk menerima bantuan penyelamatan keuangan kedua senilai 135 miliar euro,  setelah bantuan pertama pada tahun 2010 sebesar 100 miliar euro. Namun bantuan tersebut harus diikuti dengan langkah pengetatan anggaran yang mendapat penentangan dari sebagian kalangan Yunani. Fitch memperingatkan kemungkinan Yunani akan keluar dari zona euro jika pemilu bulan depan menghasilkan pemerintahan yang anti-dana talangan.
(deb-jaringnews).

Tag : News
1 Komentar untuk "Fitch Turunkan Peringkat Kredit Yunani dari "B-" menjadi "CCC", Yunani Kalang Kabut"

Lederhosen with geometric patterns knitted cardigan, looking for the balance point in the warm and cold, a pair of warm for stockings and Fangmu and stitching boots,

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top