Trade demo success : Add emotion into it


by : dennygoalsaver
Banyak dari kita, terutama para trader pemula melatih diri dan mematangkan strategi diri dengan menggunakan fasilitas demo trading broker pilihan. Melakukan trading pada akun demo merupakan langkah yang tepat, setidaknya dengan melakukan demo trading anda berusaha untuk memperkecil probabilitas kesalahan anda dalam pembukaan posisi buy / sell sekaligus mematangkan strategi trading anda. Pada satu titik anda yakin dapat mendapatkan uang di pasar saham / forex dengan demo trading, anda akan dengan sangat yakin untuk melangkah ke fase selanjutnya, yaitu membuka akun Real dengan menggunakan uang asli anda.
Jika anda berpikir bahwa akun demo dan real sama saja, anda sepertinya harus berpikir ulang. Ada perbedaan signifikan diantara keduanya yaitu faktor psikologis. Pada akun real, faktor psikologis memainkan peranan yang sangat penting dalam pendekatan anda terhadap pergerakan pasar. Faktor psikologi ini anda tidak dapatkan pada akun demo, karena anda tidak sedang “mempertaruhkan” uang anda ke pasar. Betul? Apa yang anda rasakan jika anda kehilangan 10 juta dalam trading demo? Tidak ada, tetapi jika saya bertanya apa yang anda rasakan jika anda kehilangan 10 juta dalam trading real ??? Banyak sekali.
Menggunakan demo trading sebagai “latihan tembak” anda tidak salah, justru dianjurkan. Masalahnya apakah anda menggunakan emosi anda kedalamnya? Jika jawabannya belum, Ikuti beberapa tips berikut.

Preparation

LEARN THE BASIC

Pelajari apa yang anda harus pelajari terlebih dahulu mulai dari candlestick, support dan resistance dll sebelum lanjut ke poin pertama

1. Use trading method
Pertama kali yang anda harus lakukan sebelum membuka akun demo baru adalah mempelajari sekaligus mempergunakan suatu metode trading dalam trading demo anda. Tidak peduli seberapa banyak atau bahkan anda tidak sama sekali menggunakan indikator, yang terpenting adalah aturan metode dan sejauh mana anda mengerti metode tersebut. Jika anda mengerti, barulah anda beranjak ke poin kedua.

2. Make it real
Mulai sekarang, setiap kali anda menggunakan akun demo, anggap uang demo tersebut adalah uang anda. Setiap kehilangan dari uang demo tersebut berarti pula anda kehilangan uang anda. Anda harus berkomitmen pada diri anda untuk yang satu ini. Seberapapun persuasif artikel ini, jika anda tidak serius terhadap akun demo anda, ya anda tidak akan mendapatkan apapun.

3. Open/close only one position
Seberapapun besar nilai deposit akun demo anda, anda hanya diperbolehkan untuk membuka satu posisi dan tidak boleh menambah posisi lagi sebelum posisi pertama ditutup.

4. Set Stoploss
Bagaimana jika pasar berbalik arah dan “melawan” posisi trading anda? Bagaimana reaksi anda terhadap pergerakan tersebut? Walaupun anda telah menganalisis pasar sedemikian rupa dengan berbagai teknik dan metode, hal tersebut tetap tidak menutup kemungkina pasar bergerak irrasional. Jawabannya terletak pada penggunaan stoploss. Stoploss sederhananya adalah titik dimana anda dapat mentolerir kekalahan anda. Pergunakan stoploss pada setiap pembukaan posisi yang anda lakukan. Pergunakan common sense anda dalam menentukan seberapa besar anda mampu memikul resiko untuk mendapatkan keuntungan yang anda harapkan.

5. Don’t give up : Don’t open any new demo account
Jangan menyerah disini adalah jika anda mengalami kerugian besar dalam trading demo anda, anda tidak boleh membuka akun demo baru. Tetapkan hati dan curahkan analisis anda hanya pada satu akun demo, jika anda rugi berarti ada yang salah dari sistem trading anda. Perbaiki dan coba lagi.

6. Don’t be greed and no regret mentality
Jangan serakah dan jangan menyesal. Benar, jika anda dalam posisi menguntungkan,ambillah keuntungan jika anda rasa cukup. Poin kedua, jangan menyesal terutama jika harga terus bergerak sesuai dengan posisi anda. Jangan khawatir, masih banyak kesempatan trading yang dapat anda temukan.

7. Last but not least : Discipline and Patience
Walau dalam akun demo, anda sudah harus memulai mendisiplinkan diri untuk mengikuti system trading anda dan menerapkan poin 1 – 5 diatas. Satu hal penting dalam poin 6 ini adalah jika anda rugi, jangan melakukan emotional trading dengan membuka posisi berlainan dalam akun demo anda. Contohnya, jika stoploss buy anda terkena pada 50 poin, anda tidak disarankan untuk membuka posisi sell (trading balas dendam) untuk menutup kerugian tsb. Jika anda melakukannya, besar kemungkinan anda kalah. Yang anda lakukan dalam kerugian adalah menenangkan diri, evaluasi kerugian, pikirkan cara untuk menanggulanginya dan “terjun lagi ke medan perang”.
Anda juga harus bersabar dalam trading, anda harus mengedepankan apa yang system anda “katakan” pada anda. Apabila tidak ada indikasi kuat untuk masuk ke pasar, lebih baik anda bersabar untuk menunggu momen tersebut.

Memang kelihatannya banyak sekali poinnya tetapi jika anda menerapkannya, anda tidak akan terasa bahwa anda telah menerapkan semuanya.
1 Komentar untuk "Trade demo success : Add emotion into it"

Sering kali akun trading demo ini hanya digunakan untuk trading secara asal. Padahal dari akun demo itu,kita bisa mendapatkan pengalaman trading yang akan membantu kita untuk lebih siap lagi trading di akun real. Kita mungkin juga bsia menggunakan kontes trading demo seperti yang diselenggarakan broker OctaFx

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top