Komoditi Akan Bangkit Tahun Depan

Monexnews -  Tahun 2011 menjadi salah satu periode terburuk bagi komoditi utama dunia. Banyak komponen anjlok tajam, namun masih ada pula yang mampu bertahan di tengah aksi jual.

Beberapa komoditi memulai tahun ini dengan optimis, emas sudah mendulang 30% selama 2010 dan perak naik sampai 84%. Tidak heran jika banyak pengamat melihat adanya peluang bagi emas merangsek ke $2,000, perak menembus $50 per ons dan rerata minyak mencapai $100 per barel.
Namun tidak ada satupun prediksi yang terbukti sampai akhir tahun ini.

Minyak dan emas tengah menapaki penguatan terkecil dalam beberapa tahun terakhir. Rapor lebih buruk bahkan siap dicetak oleh perak, tembaga, platinum, palladium, gandum, kedelai, kapas, kakao dan gula, yang harus menelan penurunan hingga dua digit. Gas alam bahkan harus turun sebanyak 30% sepanjang 2011.

"Komoditi sangat sensitif terhadap perkembangan ekonomi terbaru, namun harga emas dan beberapa komoditi mampu bertahan," ujar Tim analis Franklin Gold and Precious Metals Fund. Futures emas tercatat lebih tinggi 8,4% untuk tahun ini sedangkan minyak menguat 9,1%. Meski demikian, volume perdagangan jauh lebih rendah dibanding tahun lalu.

Untuk tahun depan, beberapa komoditi berpeluang menguat karena iklim pemulihan ekonomi di Amerika Serikat (AS). "Geliat ekonomi dimulai dari AS kemudian ke Asia dan China, hal ini bisa menopang permintaan global," ulas John Person, Presiden NationalFutures.com. Sementara di Jepang, negara itu juga tengah memulihkan diri pasca bencana gempa. Komoditi baja, tembaga dan batubara sangat dibutuhkan untuk membangun infrastruktur. Person bersikap bullish terhadap minyak mentah dan sektor pertanian.

(dim)

1 Komentar untuk "Komoditi Akan Bangkit Tahun Depan"

semua tergantung dari kita bagaimana cara memelihara keuangan tersebut dengan sangat hati-hati,.,..,
tentunya semua itu akan berjalan dengan sangat lancar,.,.,.

ini blog dofollow , U comment I follow

Back To Top